Posted by : ghina deans Rabu, 05 Desember 2012




Siapa yang tidak mengenal Hendarso atau yang lebih dikenal dengan nama Darso. Musisi Sunda asal Bandung ini yang menaikan pamor musik calung yang dikemas secara modern. Namanya mencuat seiring dengan penampilan yang bergaya ala Michael Jackson. Sepeninggal musisi kawakan itu setahun silam, tampaknya darah seni itu mengalir kepada anak sulungnya Asep Darso.

Lelaki bernama lengkap Asep Suyatno itu pun meneruskan perjuangan ayahnya dalam menggelorakan alat musik calung. Asep yang berpenampilan khas dengan menggunakan jaket kulit, sepatu berbulu dan rambut ala Michael Jackson ini tampak semangat saat membicarakan calung.

"Abdi mah neruskeun perjuangan Bapa (Darso) ngagelorakeun seni calung. Abdi gaduh tanggung jawab minangka orang Sunda. Komo ayeuna mah calung tos kageser ku pongdut di masarakat," kata Asep Darso, sapaan akrabnya, dengan lentong Sunda yang kental.
Tak heran jika, anak pertama dari empat bersaudara ini sering mengolaborasikan calung dalam alunan musik pop sunda. Dengan cara itu, minat masyarakat pun bisa kembali menggelora terutama di kalangan anak muda. Tak heran ketika tampil di Dadaha, dari penonton kalangan orang tua hingga anak muda ikut larut dalam suasana.

"Ayeuna ge musik calung teh dikolaborasikeun jeung musik elektrik supaya teu leungit. Zaman bapa ge sesah masuk industri rekaman ku sabab kurang minat. Mung ayeuna mah minimal bisa dikenal bahwa Sunda teh gaduh alat musik calung di kalangan anak muda," katanya.

Meski tampak sangat persis gaya Darso saat mentas, tapi Asep terus berusaha mencari jati dirinya sendiri dalam menggeluti seni. "Kaluarkeun ciri khas maneh. Urang kudu beda jeung nu lain. Eta pesen ti Bapa, dina raraga ngagelorakeun seni calung," tutur Asep Darso.







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blackbox ARTIS Management - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -