Posted by : ghina deans Rabu, 06 Maret 2013




Jika mencari sosok seorang Diva dangdut dengan image anggun dan elegan, pasti salah satu nama yang terbesit dalam benak kita adalah, Ira Swara.

Ira Swara lahir Pada tanggal 16 Juni 1980 dengan nama Wahyuni Irawati. Dikenalkan pada musik dangdut oleh kedua orangtuanya yang sering memutar lagu dangdut saat Ira masih kecil,“Saya suka dangdut karena dangdut itu asyik dan enak untuk dinikmati”

Ira memulai karir pertama kali pada saat SMP dan benar benar dari bawah, yaitu sekitar tahun 1992. dimulai dengan bernyanyi dan menari dengan beberapa orkes tunggal keliling dari panggung ke panggung. Kemudian Ira menjuarai beberapa ajang lomba dimulai dari juara lomba karaoke antar RT pada tahun 1992. Pada tahun yang sama juga Ira berhasil memenangkan lomba karoke lagu dangdut se Jabotabek yang di selenggarakan oleh Radio Agustina. Setelah tiga tahun bersolo karir, sekitar tahun 1995, barulah Ira bergabung dengan Soneta group yang dipimpin oleh H. Rhoma Irama sebagai backing vokal hingga tahun 2001. Bersyukur dengan kemampuan bernyanyinya hingga membawanya menjadi icon Sang Bintang SCTV pada tahun 2004 hingga 2006

Album pertama Ira Swara berjudul “Matador” pada tahun 1995. Selanjutnya tahun 1997 album “Lembaran Baru”. Pada tahun 2000 bersama Soneta Femina yang merupakan backing vocal wanita dari Soneta Group meluncurkan album “Catatan Dusta”. Tahun 2007 berkolaborasi bersama Saipul Jamil menyanyikan dua lagu duet dengan judul lagu “Tulus” dan “Jujur” yang merupakan recycle lagu Band Radja dibuat dengan versi dangdut. Dua lagu itu tergabung dalam album berjudul “Duet Sang Bintang”. Tahun 2011, Ira dan beberapa sahabatnya mengeluarkan single yang me-recycle lagu lama yang berjudul “Jagung Bakar” yang diciptakan oleh Asmin Cayder dengan nama group D’Starsssyang  terdiri dari Ira Swara, Beniqno, Nelly Agustin, Aksay, dan Shamila. Selain itu Ira juga mengeluarkan single baru berjudul “No No No No” yang di ciptakan oleh Arif Iskandar di tahun yang sama.









Album tersuksesnya adalah album duet dengan Saiful Jamil bertajuk Duet Sang Bintang yang merupakan albuk keempatnya. Album ini mendapat penghargaan dari SCTV Music Awards 2006 Kategori Album dangdut Ngetop.  Bahkan lewat lagu mereka "Jujur" keduanya mendapat nominasi Penghargaan MTV Indonesia 2006 untuk kategori Best Dangdut. Pasangan ini dikalahkan oleh pendatang baru, Trio Macan.

Selain menyanyi, Ira juga pernah menjadi presenter, antara lain Colak-Colek di (TV7) dan Dang Dut (Trans TV).

Menurut Ira, penyanyi  dangdut itu harus memiliki kualitas. Baik dari segi Kemampuan vocal, penampilan, maupun gaya panggung. Seorang penyanyi dangdut juga harus memberikan pesan moral yang positif agar dangdut bisa lebih dihargai oleh semua masyarakat penikmat musik.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blackbox ARTIS Management - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -